Informasi

0 komentar
Penghargaan Gubernur Anugrah Prestasi 2022
blog

 

 

Yogyakarta()– Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga memberikan sebanyak 329 penghargaan kepada insan berprestasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam acara Penghargaan Gubernur Anugerah Prestasi, bertempat di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Selasa 8 November 2022. Penerima penghargaan terdiri dari 288 siswa berprestasi di bidang pendidikan, pemuda, dan olahraga, beserta para pelatih, pembimbing, pendampingnya, serta 41 orang atlet, pelatih, wasit/juri South East Asian (SEA) Games dan ASEAN Paralympic Games (APG).

 

“Ini merupakan salah satu momentum langka dan luar biasa, di mana putra dan putri terbaik DIY yang multi background dapat berkumpul bersama dalam satu kesempatan,” ungkap Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY. Dalam sambutannya pula, Sri Paduka menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan merupakan wujud dukungan Pemda DIY dan sebagai tambahan motivasi untuk terus berkarya di bidang masing-masing. “Besar harapan saya, agar apa yang saudara-saudara terima hari ini tidak dipandang dari nilai materialnya semata. Melainkan, lihatlah ini sebagai simbol niat baik dan ketulusan kami, agar saudara-saudara semua dapat meraih impian dan cita-cita tertinggi yang selama ini diidam-idamkan,” tutur Sri Paduka.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY Nuryadi, Sp.d, Direktur Utama Bank BPD DIY, Kepala Perwakilan OJK DIY, Ketua Umum KONI DIY, Ketua NPC DIY, Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY. Penghargaan Gubernur Anugerah Prestasi merupakan agenda penghargaan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Tahun ini mengambil tema “Bangkit Bersama Menumbuhkan Kembali Budaya Berprestasi”. Tema ini mengandung pesan bahwa Pemda DIY bertekad menumbuhkan kembali tradisi berprestasi dalam setiap kompetisi/event lomba di kalangan Pendidikan/Akademik, Sains, Kreativitas, Seni, Kepemudaan, dan Olahraga.

 

Dalam acara ini dimeriahkan oleh penampilan dari siswa siswi yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dari jenjang SMA, SMK dan SLB serta dari Sekolah Keberbakatan. Penampilan tersebut juga membuktikan bahwa masih banyak siswa-siswi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki bakat dan bisa bersaing dalam bidang seni.

 

 

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih Pemda DIY khususnya, dan masyarakat DIY umumnya, terhadap prestasi di level nasional dan internasional yang telah berhasil diraih oleh para putra putri DIY.

“Tujuan diberikannya penghargaan ini yang pertama adalah untuk merangsang dan menumbuhkan budaya berprestasi di masyarakat, khususnya di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga. Kedua, mendorong generasi berikutnya untuk mengikuti jejak prestasi para seniornya. Ketiga, membangun budaya berkompetisi yang positif di kalangan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,” terang Kepala Dinas Dikpora DIY Didik Wardaya S.E., M.Pd. saat membacakan laporan panitia.

Sasaran penerima Anugerah Prestasi 2022 adalah Juara I, II, III, dan peraih predikat terbaik atau penghargaan khusus beserta pelatih/pembimbing dan juga diberikan pada atlet beserta pelatih/pembimbing, wasit/juri Southeast Asian (SEA) dan ASEAN Paralympic Games (APG) Tahun 2022. “Kalau kita rinci penghargaan tingkat internasional sebanyak 17 medali emas, 15 medali perak, dan 8 medali perunggu. Untuk tingkat nasional ada 111 medali emas, 68 medali perak, 97 medali perunggu, 3 penghargaan terbaik, dan 4 penghargaan khusus,” terang Didik.

 

Selanjutnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui KGPAA Paku Alam X menyampaikan terima kasih atas kerja keras dari peraih penghargaan. “Ini adalah perwujudan terima kasih kami, sebab dengan pikiran, kerja keras, dan keringat saudara-saudara semua lah, cita-cita Jogja Istimewa: Dari Jogja untuk Indonesia telah secara nyata termanifestasi, dan semoga dapat terus terjaga,” tuturnya.

 

 




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami