Kepala Dinas Dikpora DIY Buka FLS2N ABK 2019 Tingkat DIY

Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat D.I. Yogyakarta, Sabtu (20/7/2019), di Auditorium Dinas Dikpora DIY.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi peserta didik ABK untuk menampilkan karya di bidang seni; mengembangkan ekpresi seni sesuai dengan norma, budi pekerti, dan karakter yang berbasis budaya bangsa; meningkatkan kreativitas dan motivasi untuk mengekpresikan diri melalui seni sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan; menumbuhkan kembangkan sikap sportivitas serta kompetitif yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, dan juga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisai. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan peserta terbaik tingkat DIY yang akan mewakili DIY pada pelaksanaan FLS2N tingkat nasional bulan September mendatang di Provinsi Lampung.  

Dalam sambutannya, Aji berharap agar para Kepala Sekolah atau Bapak/Ibu Guru yang siswanya terpilih mewakili DIY untuk mempersiapkan diri setelah pelaksanaan lomba selesai, supaya bisa dilakukan pelatihan-pelatihan di masing-masing sekolah.

“Saya berhaharap bisa dilakukan koordinasi dengan Bidang Diksus Dinas Dikpora DIY untuk mempersiapkan anak ini. Jangan sampai anaknya dibiarkan latihan sendiri tidak diarahkan tetapi harus betul-betul didampingi, meskipun persiapan resmi dari Dinas Dikpora DIY baru dilakukan pada bulan Agustus atau September yang akan datang,” kata Aji di depan para Bapak/Ibu pendamping dari lima kontingen Kabupaten/Kota yang ada di DIY.

Aji juga berharap kepada para pendamping dan ABK yang mengikuti perlombaan agar bisa menerima hasil dengan baik apapun hasilnya. “Karena sesungguhnya anak-anakku yang hari ini mengikuti perlombaan sesungguhnya sudah menjadi juara karena mewakili Kabupaten/Kota masing-masing,” terangnya.

Selain itu, Aji juga meminta kepada para ABK yang mendapatkan hasil kurang memuaskan agar tidak berhenti latihan, berusaha, dan bepretasi pada saat FLS2N ini sudah selesai dilaksanakan. “Prestasi bisa ditunjukkan kapan saja, prestasi bisa dipupuk kapan saja karena banyak nanti wadah bagi kalian semua untuk unjuk gigi, untuk menunjukkan bahwa kalian ini punya bakat-bakat dan minat yang istimewa, kemudian bisa menjadi bekal bagi kalian untuk menapaki masa depan,” pesan Aji kepada para ABK yang akan bertanding.

Pelaksanaan FLS2N ini sendiri akan dilaksanakan pada satu hari, Sabtu (20/7/2019), dengan mempertandingkan lima cabang perlombaan, meliputi: Cabang Lomba Menyanyi untuk SDLB & SMPLB/SMALB; Melukis untuk SDLB & SMPLB/SMALB; Desain Grafis untuk SMPLB & SMALB; menari untuk SMPLB/SMALB; MTQ untuk SMPLB/SMALB; dan Pantomim untuk SMPLB/SMALB. Kegiatan ini diikuti oleh 5 kontingen dari Kabupaten/Kota yang ada di DIY, meliputi: Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Gunungkidul.




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan